Perlukah Anak Sekolah Bawa Laptop?

Di bawah ada saran-saran terhadap penggunaan Komputer Laptop di salah satu sekolah (National Plus) di Indonesia. Kita terus menerima informasi (seringkali retorika) mengenai hebatnya teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, tetapi kami sudah mulai sangat ragu-ragu karena kelihatannya terlalu banyak siswa-siswi sekarang sibuk main games dan menggunakan Internet di luar sekolah untuk "chatting", mencari jodoh dan kegiatan-kegiatan yang tidak sama sekali berhubungan dengan pelajaran. Apakah kegiatan-kegiatan begini hanya menghabiskan waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar di rumah?

Bagaimana dengan "membawa Komputer Laptop ke sekolah"? Apakah membawa laptop ke sekolah dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan siswa-siswi kita?

Di bawah ada cerita dari salah satu guru asing (Amerika/Rusia), yang berpendidikan S3 (Rusia), dengan latar belakang teknologi (di banyak negara), mengenai pengalaman beliau sebagai “International Principal” (kepala Sekolah Internasional) di sala satu sekolah National Plus di Indonesia (Desember 2007).

Kenalan Dulu
 
Hello, readers and visitors, let me introduce myself. I am a retired American of Russian origin, now working in the position of “International Principal” at ....... Indonesia. Before my retirement in 2003 I worked in USA for several high-tech companies, the last of which was “Maxwell Technologies”, a semiconductor manufacturing company in San Diego, California, there I had a position of Radiation Testing Analyst/Engineer.

I hold a Ph.D. degree in Engineering from the Academy of Sciences of Russian Federation, where I used to work many years in the area of design and testing of geophysical instruments – magnetometers, seismometers, data acquisition systems, etc. With these instruments I have traveled all over the Earth, including many countries in Europe, Asia and America, as well as 2 trips to Antarctica. I have 24 scientific papers published in international scientific magazines, and 2 scientific books translated by me from English into Russian.

"The topic in question is LAPTOP COMPUTERS"
(Bahasa Indonesia Di Bawah)
 

"There is no lack in emotional words about modern high technologies, about how computers will help children learn easily the most complicated subjects, how the young generations will be prepared to enter the modern world, equipped with high skills and deep knowledge of every possible science and industry. It was said, that children will learn straight from kindergarten the internal structure of computers, that Internet access will help them to find quickly all necessary information, etc, etc…

However, the reality is quite different, almost to the opposite.

There is no need to explain that laptop computers inside the school are used almost exclusively for gaming, which occupies 99% of the laptop working time. Students play different active games – they fight with monsters, they defend Earth against alien invaders, they race cars, planes and other shooting and screaming machinery, they crawl in the caves in search of diamonds or win championships in space adventures. All this games have very bright graphics, they are accompanied by sounds, and the imagination of an 11-15 year old child is completely captured by the excitement of the game.

But when the break ends, and the student must return to the real world for a lesson, some interesting things happen.

First, the student is angry, because the gaming excitement was interrupted for the sake of a dull boring lesson. Naturally, this anger turns towards the teacher. The brain and the soul of the student are still fully there, in the game, and the student is absolutely incapable to think about any information related to the lesson. This mental state lasts from 10 to 30 minutes"

"Topik yang dibahas adalah KOMPUTER LAPTOP"
(Bahasa Indonesia - Kurang Lebih)
Ada banyak 'kata-kata berdasar emosi' mengenai bagaimana komputer-komputer akan membantu anak-anak belajar secara mudah topik yang cangih dan akan menyiapkan mereka untuk masuk dunia modern, termasuk keterampilan dan pengetahuan tinggi mengenai ilmu sains dan industri. Katannya dari TK mereka akan mulai mengerti struktur komputer dan akses Internet akan membantu mereka mendapat informasi yang mereka perlu secara cepat, dll...

Padahal, rialitasnya adalah jauh berbeda, hampir sebaliknya.

Tidak perlu dijelaskan bahwa komputer-komputer di dalam sekolah dipakai secara hampir eksklusif untuk "gaming" (main games), yang menggunakan 99% dari waktu menggunakan laptop. Siswa-siswi aktif main game yang berbeda – mereka melawan "monsters", mereka membela Bumi dari pendatang "alien" (dari luar angkasa), mereka main balapan mobil, pesawat terbang, tembak-tembakan dan masin-masin lain yang ribut, mereka masuk goa-goa untuk mencari berlian atau menang dan menjadi jagoan di dalam cerita "adventure" di luar angkasa. Semua mainan ini punya grafik-grafik yang terang dan berwarna-warni, bersuara dan berbunyi-bunyi, dan imaginasi anak-anak berusia 11-15 ditangkap secara penuh oleh daya tarik game-game ini.

Tetapi pada waktu akhir istirahat, dan siswa-siswi harus kembali ke dunia rial (masuk kelas) untuk les, beberapa hal yang menarik menjadi.

Yang pertama, siswa-siswi adalah marah, karena game-game yang merangsang diganggu untuk melanjutkan les di kelas yang "dull boring" (tidak menarik dan membosankan). Jelas, perasaan marah ini ditujui kepada guru. Otak dan "soul" (jiwa) siswa-siswi masih penuh ada di dalam game, dan siswa-siswi tidak mampu sama selkali untuk memikirkan atau menerima informasi mengenai les. Keadaan mental ini berlangsung selama 10 sampai 30 menit"

Apakah, membawa laptop ke sekolah ada dampak yang positif?

Kita harus tanya, kalau siswa-siswi menggunakan komputer laptop begini di sekolah,
'bagaimana dengan manfaatnya laptop di rumah?'


Sumber : Teknologi Pendidikan | laptop.html 
0 Response to "Perlukah Anak Sekolah Bawa Laptop?"

Posting Komentar

Jangan Sungkan untuk menuliskan komentar Anda tentang Artikel ini.

Powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme | Dasbor